Minggu, 25 November 2012

Tips menjadi sahabat yang baik

Semua orang tentu ingin memiliki sahabat yang sejati dan sahabat yang bisa menerima kita apa adanya di saat susah dan senang.Teman,belum tentu jadi sahabat bagi kita apalagi musuh karena memang sifat ataupun perilaku serta kebiasaaan tiap orang berbeda.Jadi,itu semua tergantung dengan cara kita menghadapi teman dan memperlakukan dia bagaimana agar menjadi sahabat bagi kita dan sebaliknya.
Untuk menjadi sahabat yang baik,ada beberapa tips bagi teman-teman yaitu:
  • Sebelum kita kenal sama sahabat kita,tentu ada tahap-tahap yang diperlukan.Seperti pengenalan sifat,karakter dan juga kebiasaan yang dia lakukan.Misalnya,tipe sahabat kita suka belajar,suka menyanyi kita harus tau juga apa hobinya agar kita bisa mengenal lebih dalam lagi.
  • Setelah kita sudah mengetahui kebiasaannya,perlu kita ketahui kelebihan maupun kekurangannya.Tetapi,hal ini jangan dijadikan bahan cemburuan atau ledekan.Cukup untuk mengetahui dan mendukung dia kapan dia menceritakan tentang kekurangannya dan memberi semangat jika dia mempunyai kelebihan yang bagus dan bahkan jangan iri akan kelebihannya.
  • Sahabat lebih berharga dari pacar.Yakin?Saya yakin.Mengapa?Karena pacar belum tentu jadi sahabat yang baik bagi kita.Tetapi,sahabat bisa menjadi lebih dari sekedar pacar di sini.Maksud saya,dalam arti lebih memberikan kenyaman yang lebih berharga.Di samping itu,seorang sahabat yang baik akan menegur salah satunya jika sahabatnya melakukan kesalahan.Kata-kata sederhananya seorang sahabat yang baik tidak munafik dan tidak suka berkhianat.
  • Selalu memberikan motivasi dan dukungan bagi sahabat.Mendengarkan permasalahan yang diungkapkan oleh sahabat juga salah satu bentuk ekspresi bahwa kita bersedia mendengar keluhan dan masalah dia.Membuat dia dalam zona aman ketika berada di samping kita.
  • Kalau sahabat kita punya pacar,setidaknya kita berikan waktu dan jarak bagi dia.Jangan selalu bersama kemana aja.Itu juga merupakan salah satu bentuk kasih sayang kita kepada sahabat untuk melakukan sesuatu yang dia senangi tanpa membuat kita juga merasa ditinggalkan.
  • Kemudian,untuk menjadi sahabat yang baik,milikilah rasa saling percaya antara satu sama yang lain.Karena tanpa kepercayaan,hubungan persahabatan akan berhenti begitu saja.Jadi,harus saling memiliki kepercayaan.

Semoga bermanfaat ya,...:)

Saya dan sahabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar