Kamis, 15 November 2012

Tips menjadi pendengar yang baik

                 Semua orang tentu ingin dihargai ketika sedang berbicara.Tetapi,akan lebih dihargai jika kita mampu untuk menjadi pendengar yang baik bagi lawan bicara kita.Bagaimana jika kita tidak mendengarkan lawan bicara kita dan berbicara semau kita? Tentu hal ini berkesan negatif dimana lawan bicara kita akan bosan dengan kita dan akan menghindar dari percakapan yang sedang berlangsung.
                 Untuk menjadi pendengar yang baik dan kelihatan juga menghargai lawan bicara kita,saya memberikan tips untuk menjadi pendengar yang baik seperti berikut:
a).Berkonsentrasi.
Dalam mendengar,kita perlu berkonsentrasi dan bersikap tenang.Dengan bersikap tenang dan menjaga kontak mata akan menunjukkan kepada lawan bicara kita bahwa kita menghargai mereka dan akan menunjukkann kita akan menanggapi dengan hal yang baik pula.

b).Tanggapi dan pikirkan.
Ketika seseorang berbicara,tentu kita diharapkan untuk menanggapi dengan hal-hal yang bisa membangun maupun merespon percakapan dari si lawan bicara.Untuk itu,kita harus memahami apa yang kita dengar dan segera menyaring dengan seksama.Apakah itu merespon dengan memberikan suatu solusi atau bertanya lebih lanjut dengan tidak bertele-tele dan lain sebagainya.

c). Jangan menginterupsi
Ketika lawan bicara kita sedang mengutarakan pendapatnya dan merasa kurang setuju dengan pendapat kita jangan menginterupsi.Karena selain terkesan kurang sopan,lawan bicara akan merasa kita kurang jeli ketika mendegar keluhannya atau masalah yang telah dibicarakannya.

d).Buatlah kesimpulan
Ketika lawan bicara telah mengutarakan pendapat dan ingin menanyakan keputusan atau solusi dari kita,buatlah kesimpulan dari seluruh percakapan yang telah terjadi.Bahas kembali apa yang telah diperbincangkan dan lawan bicara akan merasa nyaman dan senang jika kita benar-benar memperhatikan dan merespon pertanyaan maupun masalah yang diutarakannya.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar