Senin, 05 Mei 2014

Catatan presentasi kelompok 8

Pengertian dan Pengaruh Adanya Perubahan Hak Pemilikan,      Beberapa Hal Yang Menyebabkan Hak Kepemilikan dan Pengaruhnya Terhadap Neraca Konsolidasi



NAMA            : INDAH JUANDA P. SIANIPAR
NPM               : 43211561
KELAS           : 3DA03

Penggabungan usaha seperti yang telah diketahui sebelumnya adalah adanya penggabungan dari dua perusahaan atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama untuk mencari kesejahteraan maupun laba.

Apabila perusahaan anak menjual saham tambahan atau perusahaan anak menjual saham miliknya sendiri, maka adanya perubahan terhadap kepemilikan perusahaan induk atau investor pada perusahaan anak/investasi. Pengaruh aktivitas-aktivitas tersebut pada perusahaan induk/investor tergantung pada harga saat saham tambahan tersebut dijual atau saham diperoleh kembali dibeli, dan pada apakah perusahaan induk dilibatkan secara langsung dalam transaksi-transaksi dengan perusahaan anak.

Beberapa hal yang menyebabkan perubahan hak pemilikan dan pengaruh nya terhadap neraca konsolidasi:
1.Pembelian saham perusahaan anak dilakukan lebih dari satu kali, hak kontrol diperoleh sejak saat pembelian saham pada tahap pertama.
  Kalau dalam perusahaan itu, jika ada pihak yang lebih dominan kepemilikannya, tentu saja dia akan selalu mau menambah saham-sahamnya agar semakin lebih baik dan berkuasa daripada perusahaan yang lainnya. Oleh karena itu, tentu ada laporan yang berubah pada saldo – saldo yaitu saldo rekening investasi saham dan juga saldo Laba Yang Ditahan (LYD).

2.         Pembelian saham perusahaan anak dilakukan lebih dari satu kali, hak kontrol diperoleh baru stelah beberapa tahap pembelian saham
       Biasanya , perusahaan induk itu boleh membeli saham perusahaan anak lebih dari satu kali. Sehingga jika sudah mencukupi atau melebihi batas maka akan mendapat  hak kontrol dan  terjadi setelah beberapa tahap pembelian saham.
Namun demikian  perubahan-perubahan yang harus diakui sangat dipengaruhi oleh pencatatan yang dipakai terhadap investasi saham-saham perusahaan anak.

Pembelian dan penjualan kembali sebagian dari saham-saham perusahaan anak yang dimiliki perusahaan induk

Biasanya, perusahaan induk itu tidak bertujuan untuk memperjualbelikan saham-saham yang dipunya kepada perusahaan yang lain. Oleh karena ada sesuatu atau masalah, perusahaan induk akhirnya menjual sebagian sahamnya dan tentu saja nilai investasinya berkurang seiring hak kekpemilikannya juga berkurang. Tetapi, kalau berkaitan dengan nilai investasi, jika saham-saham perusahaan anak dibeli melalui beberapa tahap pembelian dan dengan harga perolehan yang berbeda-beda, maka biasanya timbul banyak masalah dalam penyusunan neraca konsolidasi.

>>> Apabila metode harga perolehan dipakai maka perubahan yang terjadi pada saldo rekening investasi saham hanya terbatas pada pengurangan sebesar harga perolehan.
4.    Emisi saham dan atau penarikan kembali saham-saham perusahaan anak yang mempengaruhi hak-hak pemilikan perusahaan induk
Pada hak kepemilikan  antara perusahaan induk dan anak tidak selamanya tetap pasti akan berubah apalagi selain pembelian dan penjualan saham yaitu terkait dengan transaksi modal saham.

Jika metode harga perolehan dipakai, maka perubahan struktur permodalan pada  perusahaan anak khususnya yang disebabkan oleh penjualan saham-saham baru (emisi saham) tidak mempunyai pengaruh apapun terhadap harga perolehan saham-saham pada buku si Perusahaan induk.

5.    Transaksi-transaksi saham yang ditarik dari peredaran (Treasury Stock) pada perusahaan anak.
Misalnya, kalau modal saham telah beredar, dan  perusahaan induk ingin menarik kembali peredaran sahamnya maka digunakan untuk dijual kembali dan dicatat sesuai dengan harga pokoknya atau harga belinya. Kalau ada sebagian perusahaan anak yang ditarik dari peredaran, maka adanya penghitungan atas jumlah saham yang beredar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar