Selasa, 11 Maret 2014

Artikel Keuangan

Artikel Keuangan tentang Diversifikasi

Pada artikel kali ini,saya akan membahas tentang diversifikasi. Tentu pembaca juga sudah pernah mendengar kata diversifikasi seperti diversifikasi ekonomi,diversifikasi investasi,diversifikasi internasional,dll.  Diversifikasi adalah sebuah suatu strategi investasi dengan menempatkan dana dalam bermacam investasi  dengan tingkat risiko dan laba yang berbeda pula.Nah,kali ini saya bahas mengenai ekonomi dan investasi saja,ya.
Diversifikasi ekonomi adalah usaha penganekaragaman product (bidang usaha) atau lokasi perusahaan yang dilakukan suatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan sehingga arus kas perusahaan dapat lebih stabil, ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi, sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan di salah satu product atau negara/daerah, di product atau negara/daerah lain mendapatkan kelebihan pendapatan, sehingga kekurangan yang terjadi bisa tertutupi.Kalau menurut saya sistem seperti ini bagus apalagi kan kondisi perekonomian di Indonesia misalnya dimana sudah banyak mengalami kenaikan. Hal ini tentu berpengaruh terhadap konsumsi dan pendapatan juga atau pergeseran ataupun sirkulasi uang. Kalau perusahaan ingin menggunakan sistem ini tentu sangat bermanfaat baik dari segi laba dan juga mengatasi krisis sudah bisa dikatakan tidak terlalu memikirkan dua kali lipat tentang masalah keuangan. Biasanya hal ini dilakukan oleh perusahan besar Multi Nasional Coorporation (MNC) karena dengan demikian perusahaan dapat menjamin pendapatan / arus kas yang lebih stabil sehingga meningkatkan trust kepada pemegang saham.
Diversifikasi  investasi berbicara tentang manajemen investasi. Manajemen investasi adalah sebuah ilmu untuk mengatur atau me-manage investasi secara professional untuk mengelola beragam asset (baik paper asset dan real asset). Professional yang jago di bidang manajemen investasi biasanya kita sebut dengan manager investasi (MI). Produknya kita sebut portofolio. Dasar ilmu dari management investasi adalah alokasi asset, investasi jangka panjang dan diversifikasi.
Saya pernah belajar mengenai investasi dan ruang lingkupnya di pelajaran akuntansi keuangan menengah.Tentu banyak pilihan yang diberikan misalnya berinvestasi dalam saham,tabungan deposito berjangka,emas,obligasi,Pasar uang,pasar komoditi,dll. Dalam saham dikenal istilah High Risk High return.Jadi,tergantung kita kalau mau investasi ke salah satu pasar saja atau mau berinvestasi ke berbagai macam wadah yang bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan kita atau calon investor dan tentunya menanggung sendiri resiko yang ada pada setiap investasi. Kalau misalnya kita bingung untuk menempatkan dana kita kemana bisa juga  ke reksadana.
Walaupun demikian ,diversifikasi dilakukan agar kita bisa mengetahui dan lebih waspada ketika ada suatu kerugian pada  investasi kita atau aset,sehingga  jika pada aset atau investasi lainnya memberikan laba yang sesuai dengan kita harapkan sehingga mengakibatkan keseimbangan juga.
Jadi, buat pembaca jika ingin berinvestasi silahkan memilih dengan bijak dan melakukan diversifikasi juga adalah sebuah pilihan tergantung Anda bagaimana untuk mengatasi dan menjalankannya.Semoga bermanfaat.Terima kasih.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Diversifikasi_(ekonomi)
http://www.finansialku.com/diversifikasi-investasi-perlu-atau-tidak/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar