Senin, 30 Juni 2014

Catatan Presentasi kelompok 10

LAPORAN KEUANGAN YANG DIKONSOLIDASI
(LAPORAN RUGI-LABA; LAPORAN LABA YANG DITAHAN; NERACA)

Nama   : Indah Juanda P.
NPM   : 43211561
Kelas   : 3DA03

            Neraca yang dikonsolidasi dimaksudkan untuk menyajikan posisi keuangan dari perusahaan-perusahaan afiliasi sebagai satu kesatuan usaha, maka laporan rugi-laba yang dikonsolidasi dimaksudkan untuk menyajikan hasil usaha perusahaan-perusahaan afiliasi sebagai satu kesatuan usaha. Laporan rugi-laba yang dikonsolidasi ini penting sebagaimana halnya laporan  rugi-laba individual, untuk menilai perkembangan dan masa depan perusahaan-perusahaan afiliasi tersebut khususnya apabila disajikan dalam bentuk perbandingan dengan periode – periode tahun buku sebelumnya.

            Tujuan utama dari penyusunan tiap-tiap jenis laporan keuangan berbeda antara laporan yang satu dengan laporan keuangan yang lainnya.
Di bawah ini, ada tujuan utama dari masing-masing laporan keuangan:
-          Neraca  : disusun dengan tujuan utama untuk menyajikan posisi keuangan suatu perusahaan pada tanggal neraca.
-              laporan rugi laba : disusun dengan tujuan untuk menunjukkan hasil usaha perusahaan selama periode tertentu.
-        Tujuan penyusunan laporan laba yang ditahan adalah untuk menunjukkan hak-hak para pemegang saham terhadap bagian laba yang didapat oleh perusahaan yang oleh karena pertimbangan – petimbangan tertentu, untuksementara belum/tidak dibagikan.

Adanya kontinuitas dalam laporan keuangan yang dikonsolidasi karena disusun dengan bertitik tolak dari laporan – laporan keuangan individual , yang tidak lain adalah hasil akhir dari proses akuntansi pada masing-masing perusahaan.
Adanya kontinuitas yang dimaksudkan adalah bahwa saldo – saldo rekening yang tercantum dalam neraca konsolidasi pada suatu saat merupakan kelanjutan daripada saldo rekening-rekening yang sama dalam neraca konsolidasi yang disusun pada akhir periode sebelumnya.

Penyusunan Laporan keuangan konsolidasi pada perusahaan-perusahaan afiliasi ada dua jenis yaitu :
-  penyusunan laporan keuangan konsolidasi oleh perusahaan- perusahaan afiliasi yang berusaha di bidang perdagangan.
-  penyusunan laporan keuangan konsolidasi oleh perusahaan- perusahaan afiliasi yang berusaha di bidang manufaktur.

·         Dalam Minority Interest dan Controlling Interest, apa perbedaannya?

  Jb: Minority Interest sesuai dengan namanya adalah hak minoritas dimana kepemilikannya kurang dari 50 % atau bahkan di bawahnya biasanya pada perusahaan anak . Sedangkan Controlling Interest sama dengan Majority Interest dimana suatu perusahan itu mempunyai hak kontrol atau hak kendali yang penuh dalam perusahaan afiliasi biasanya diambil alih oleh perusahaan induk.

1 komentar: