Selasa, 17 April 2012

TUGAS SOFTSKILL BAB 5

Ketahanan Nasional
Ketahanan nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.
            Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh berlandaskan pancasila, UUD ‘45 dan wawasan nusantara.
            Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik internal maupun external, secara langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya. hal ini merupakan doktrin nasional guna menjamin satunya pola pikir, pola tindak dan cara kerja bangsa Indonesia,
Contoh bentuk-bentuk ancaman menurut doktrin hankamnas (catur dharma eka karma) :
        1. Ancaman di dalam negeri
        Contohnya adalah pemberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat indonesia.
        2. Ancaman dari luar negeri
        Contohnya adalah infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invasi dari darat, udara dan laut oleh musuh dari luar negri.

            ***Konsepsi Ketahanan Nasional***
  1. Pendekatan Kemanusian melalui upaya peningkatan kesejahteraan hidup dan penghidupannya, yang meliputi :
            a. Aspek Alamiah;
            -  Letak dan Kedudukan Geografis 
               Negara
             -  Keadaan dan Kekayaan Alam (gatra 
               SDA
            -  Keadaan dan Kemampuan Pddk (gatra
               demografi)
            b. Aspek Sosial kemasyarakatan;
             -  Ideologi,
               -  Politik,
             -  Ekonomi,
             -  Sosbud dan
             -  Hankam- Ag
***KETAHANAN NASIONAL SEBAGAI POLA PIKIR, POLA DASAR DAN SEBAGAI METODE***

         Pola Pikir; Ketahanan Nasional merupakan suatu langkah awal yang mempersatupadukan usaha bersama bangsa yang bersifat intersek-toral dan multifisipliner
        Sebagai Pola dasar: Ketahanan Nasional merupa-kan arah pedoman dalam setiap rancangan pembangunan ,
        Sebagai Metode; Ketahanan Nasional Negara Indonesia menggunakan metode komprehensif integral (menyeluruh dan terpadu), yaitu metode yang berdasarkan Astagratra sebagai pengejawan tahan Pancasila dan UUD 45, yang melahirkan keuletan ketangguhan dan kemampuan bangsa dan negara dalam pemertahankan eksistensi atau kelangsungan hidup

***Sifat Ketahanan Nasional***
  1. Manunggal
  2. Mawas ke dalam
  3. Kewibawaan
  4. Dinamis
  5. Mandiri
  6. Percaya diri

Manunggal, artinya ketahanan nasional memiliki sifat integratif yang diartikan terwujudnya kesatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras di antara seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mawas ke dalam artinya ketahanan nasional lebih condong ke hal-hal yang lebih luas dan mendalami suatu ciri-ciri maupun tujuan nasional untuk lebih meningkatkan hasilnya ke arah yang lebih maksimal.
Wibawa, artinya ketahanan nasional sebagai hasil pandangan yang bersifat manunggal dapat mewujudkan kewibawaan nasional yang akan diperhitungkan oleh pihak lain sehingga dapat menjadi daya tangkal suatu negara. Semakin tinggi daya tangkal suatu negara, semakin besar pula kewibawaannya.
            Dinamis, artinya ketahanan nasional tidaklah tetap, melainkan dapat meningkat ataupun menurun bergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara, serta kondisi lingkungan strategisnya. Hal ini sesuai dengan hakikat dan pengertian bahwa segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah. Oleh sebab itu, upaya peningkatan ketahanan nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya di arahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.
            Mandiri, artinya ketahanan nasional bersifat percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri dengan keuletan dan ketangguhan yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah serta bertumpu pada identitas, integritas, dan kepribadian bangsa. Kemandirian ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global.
            Percaya diri artinya sebagai manusia yang tangguh tentu saja kita harus memiliki kepribadian yang kokoh seperti percaya diri.Tanpa itu,kita tentu akan mudah sekali goyah dalam usaha ketahanan nasional atau pembelaan negara terhadap ancaman-ancaman yang masuk.
           
***Pasal yang berisikan ketentuan-ketentuan dalam ketahanan nasional adalah:
PASAL 30 UUD 1945
(1)  Tiap-tiap Warga Neg. Berhak Dan Wajib Ikut Serta Dalam Usaha Pertahanan Dan Keamanan Negara,-
(2)  Usaha Pertahanan Dan Keamanan Negara Dilaksanakan Melalui Sistem Pertahanan Dan Keamanan Rakyat Semesta Oleh Tni Dan Polri Sebagai Kekuatan Utama, Dan Rakyat Sebagai Kekuatan Pendukung,-
(3)Tentara Nasional Indonesia terdiri atas angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara sebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara ,
(4)Kepolisian negara ri sbg alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta mengekkan hukum
(5)Susunan Dan Kedudukan Tni, Polri, Hubungan Kewenangan Tni Dan Polri, Syarat-syarat Keikutsertaan Warga Negara Dalam Usaha Perthanan Dan Keamanan Negara , Serta Hal-hal Yang Terkait Dengan Pertahanan Dan Keamanan Diatur Dengan Undang-undang .

            Tentu saja,ketahanan nasional merupakan wadah dan juga hal-hal yang penting yang kita lakukan sebagai warga negara dalam usaha pertahanan nasional terhadap segala ancaman-ancaman yang ada di negara Indonesia ini.

Sumber:Husein,Taufan Muhammad.Ketahanan Nasional.Lhokseumawe
              Http://www.slideshare.net/imp0et/ketahanan-nasional





1 komentar: