Minggu, 06 April 2014

Rangkuman Aklan kelompok III

NAMA     : INDAH JUANDA P.S
NPM        : 43211561
KELAS    : 3DA03


KELOMPOK III

LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

Laporan Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan terdiri dari induk perusahaandan satu atau lebih anak perusahaan seolah-olah sebagai satu perusahaan. Jadi, artinya kalau laporan keuangan itu dibuat kalau ada suatu perusahaan yang memiliki hak penuh atau lebih banyak melebihi perusahaan yang satu lagi,  maka perlu dibuat laporan keuangan. Jika masing-masing saling menguasai maka tidak perlu ada laporan keuangan konsolidasi. Oleh karena adanya penggabungan inilah maka perlu dibuat laporan keuangan konsolidasi.
·         Dalam metode biaya, rugi/laba perusahaan anak tidak dicatat.
·         Harga perolehan > Nilai buku memakai goodwill
Konsolidasi dengan metode ekuitas:
>> Semua perubahan-perubahan yang terjadi pada perusahaan anak digabung dan dicatatpada perusahaan induk
Konsolidasi dengan metode biaya:
>> Perusahaan induk mengakui pendapatan saat perusahaan anak membagi deviden
Keterbatasan laporan keuangan :
1.      Kinerja keuangan anggota perusahaan yang tidak bagus akan tertutupi
2.      Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan perusahaan
3.      Ketidaktepatan penyusunan rekening akuntansi seluruh perusahaan
4.      Kekuranglengkapan catatan laporan keuangan perusahaan induk.
Manfaat laporan keuangan konsolidasi:
1.      Untuk kepentingan jangka panjang , efek anak perusahaan terhadap induk
2.      Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan terhadap kinerja grup (anak )perusahaan
3.      Kepentingan informasi pihak luar


Pertanyaan – pertanyaan:
a)      Apa perbedaan penyusunan neraca konsolidasi metode ekuitas dan biaya?
Jawab: Kalau metode ekuitas itu, angka yang dihitung atau yang dimasukkan ke neraca bukan yang terbaru kecuali kas,LYD dan hak minoritas (Aktiva lainnya tidak berubah). Kalau metode biaya, yang akan dimasukkan ke neraca itu yang terbaru semua artinya ada penghitungan yang terbaru.
b)      Apa prosedur dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi?
Jawab: Mengeliminasi Reciprocal Account/ Rekening timbal balik. Reciprocal Account itu adalah rekening yang dicatat oleh kedua belah pihak antara PT.Induk dan PT.Anak.
c)      Bagaimana fungsi penyesuaian dan eliminasi neraca konsolidasi?
Jawab: melihat perbandingan antara induk dan anak untuk menunjukkan posisi keuangan yang dikonsolidasikan.
d)     Pertanyaan dari bu mailda:
Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah umum dalam laporan keuangan konsolidasi?
Jawab: Adanya jurnal koreksi seperti jurnal pembalik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar